STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN BLUE OCEAN STRATEGY MODEL PADA USAHA SANJAI NITTA BUKITTINGGI

Rusydi Fauzan, Astry Jayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi untuk Sanjai Nitta yang befokus untuk menciptakan ruang pasar yang tidak diperebutkan melalui proses inovasi nilai. Proses inovasi nilai dilakukan melalui metode pendekatan Blue Ocean Strategy dengan menggunkan alat analisis yaitu kanvas strategi dan kerangka kerja empat langkah. Kanvas strategi berfungsi sebagai alat visualisasi terhadap penawaran yang dilakukan pada faktor kompetisi yang ada, sedangkan ERRC berfungsi sebagai langkah strategi perusahaan untuk menciptakan segmen pasar yang baru, perusahaan mengeleminasi dan mengurangi beberapa faktor yang dianggap tidak penting dalam kompetisi. Akhirnya hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rancangan strategi perusahaan yang baru telah memenuhi ke dalam tiga ciri blue ocean strategy dalam menciptakan ruang pasar yang tidak diperebutkan yaitu focus dimana sanjai Nitta berfokus pada konsep “Reserve Bars”, divergensi dimana sanjai Nitta menambah keunggulan bersaing seperti menyediakan meja tester, menyediakan berbagai jenis varian rasa sanjai, menyediakan berbagai jenis sauce, fresh from the oven, dan menambah corner yang menjual minuman modern, sedangkan motto yang memikat ‘’Menikmati Sanjai Dengan Konsep Reserve Bars”

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.