KOMUNIKASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN SECARA DARING DIMASA PANDEMI COVID-19

Sandra Grace Chrisnatalia(1), Dedi Rianto Rahadi(2),


(1) President University
(2) President University
Corresponding Author

Abstract


The COVID-19 pandemic or Corona Virus Disease-19 has directly disrupted the conventional learning process around the world, especially in Indonesia. As a result of this pandemic, a solution is needed to answer the problems that arise as a result of learning that carried out online. It is hoped that the communication that exists between students and lecturers can still be carried out even though the implementation must be done through digital media and means. This study aims to determine what obstacles students experience when communication must be done digitally and what students can do so that communication and learning can run properly and smoothly as it should. Informants will fill out open-ended questions related to this research through an online form. The result showed that the obstacles commonly experienced by students were lack of understanding of the material, inadequate networks, difficulty doing assignments, too fast task deadlines and difficulty buying quotas. And, the efforts made to overcome the obstacles are discussed with friends, studying independently, consulting with lecturers and finding a place with a good internet connections.

 

Pandemi COVID-19 atau Corona Virus Disease-19 secara langsung telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional diseluruh dunia khususnya di Indonesia. Akibat dari adanya pandemi ini, maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan yang timbul akibat dari pembelajaran yang dilakukan secara daring. Diharapkan komunikasi yang terjalin antara mahasiswa dengan dosen pengajar bisa tetap terlaksana walaupun pelaksanaannya harus dilakukan melalui media dan sarana digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami mahasiswa pada saat komunikasi harus dilakukan secara digital serta hal apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa agar komunikasi dan pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana mestinya. Informan akan mengisi pertanyaan terbuka terkait penelitian ini melalui formulir daring. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang biasa dialami oleh mahasiswa ialah kurang memahami materi, jaringan yang kurang memadai, sulit mengerjakan tugas, deadline tugas yang terlalu cepat dan kesulitan membeli kuota. Dan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala ialah berdiskusi dengan teman, belajar mandiri, konsultasi dengan dosen dan mencari tempat dengan koneksi internet yang bagus. 


References


Ahmad, A dan Ambotang A. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Persekitaran Keluarga terhadap Stres Akademik Murid Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH). 5(5): 12-23.

Anggrawan, A. 2019. Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer. 18(2): 339-346.

Ansori. 2020. Pengertian Komunikasi Daring: Jenis, Fungsi, dan Komponennya. Diunduh di https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-komunikasi-daring.html tanggal 16 Oktober 2020.

Ardianto, Yoni. 2020. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Diunduh di https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html tanggal 20 Oktober 2020.

Arika, Y. 2020. Lebih dari 849 Juta Siswa di Dunia Belajar di Rumah. Kompas. Jakarta. 18 Maret 2020.

Asmara, C. 2020. Para Siswa, Simak Surat Terbaru Mendikbud Nadiem Untuk Kalian. CNBC Indonesia. Jakarta. 18 Maret 2020.

Astuti dan Febrian. 2019. Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang. 4(2): 111-119.

Dame, Mery. 2020. COVID-19. Diunduh di https://www.alodokter.com/covid-19 tanggal 11 Oktober 2020.

Effendy, dan Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Firman dan Rahayuj. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Sciences (IJES). 2(2): 81-89.

Jamaluddin, Ratnasih, Paujiah dan Gunawan. 2020. Pembelajaran Dairng Msa Pandemik COVID-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature. 3(1): 99-110.

Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020. Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 20(2): 1-4.

Rianto, Dedi dan Susilowati Etty. 2019. Perilaku Organisasi: Konsep dan Implementasi. Bogor: Filda Fikrindo.

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. 6(02): 1-11.

Zhafira, Ertika dan Chairiyaton. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina COVID-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. 4(1). 37-45.


Full Text: PDF INDONESIA

Article Metrics

Abstract View : 216 times
PDF INDONESIA Download : 42 times

DOI: 10.47896/mb.v1i2.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.